Ini 3 Desa Paling Inovatif di Kabupaten Probolinggo

Tiga desa terbaik diikutkan lomba desa inovatif tingkat provinsi.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memberikan penghargaan kepada tiga desa terbaik pemenang lomba desa/kelurahan memperingati Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-277, di Alun-alun Kota Kraksaan, Jumat (28/4/2023).

Lomba tersebut dijuarai oleh Desa Krejengan, Kecamatan Krejengan sebagai juara 1, Desa Binor, Kecamatan Paiton juara 2 dan Desa Brumbungan Lor, Kecamatan Gending juara 3.

Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko memberikan secara langsung penghargaan tersebut. Joko memberikan apresiasi kepada mereka yang memberikan inovasi terbaiknya dalam lomba yang digelar.

“Kami hargai upaya dari seluruh pihak yang bersama-sama memajukan Kabupaten Probolinggo. Kami akan berangkatkan perwakilan Kabupaten Probolinggo dari tiga pemenang ini untuk mewakili di perlombaan desa/kelurahan tingkat provinsi,” ujar Joko.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Edy Suryanto mengatakan, ini merupakan apresiasi dari Pemkab kepada desa yang inovatif dan kreatif. 

Edy menyebut, ada 711 indikator yang harus dipenuhi dan dinilai secara online oleh Kemendagri. Desa tersebut harus mendapat rekomendasi dari Kemendagri dan ketiganya sudah memenuhinya dari jauh hari.
 
“Sumber daya, inovasi dari pendanaan desa mereka oke. Intinya sinergi dari desa. Dari DPMD, kami membina untuk lomba yang lebih tinggi seperti tingkat provinsi, paralegal, lomba inovasi dan lainnya. Kami siapkan juga sebagai desa anti korupsi  dan rumah rembuk Kejaksaan,” terang Edy.

DPMD juga akan mengkoordinasikan fungsi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain untuk desa. Selain itu, ketiga desa ini akan menjadi pilot/percontohan untuk desa lain. ig/fat

1037

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id