Indonesia Retail Summit 2022, Mendag Zulhas: Ritel Tumbuh, Ekonomi Pulih

Mendag Zulhas dalam Indonesia Retail Summit 2022.

JAKARTA, beritakata.id– Menteri  Perdagangan  Zulkifli  Hasan  menegaskan  sektor  ritel  memiliki kontribusi penting dalam  mendorong  pemulihan  konsumsi rumah tangga.  Kontribusi para  peritel, termasuk  yang  berada  di  pusat  perbelanjaan,  dapat  mendorong  peningkatan  konsumsi  rumah tangga.  Oleh  karena  itu,  pemerintah  akan  terus  mendorong  bisnis  ritel  tetap  tumbuh,  khususnya dalam masa pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Hal  ini  disampaikan  Mendag  Zulhas  dalam  acara  peluncuran  Indonesia  Retail  Summit2022  yang digelar secara hibrida di Kantor Kemendag, Jakarta, pada hari ini, Kamis (14/7). 

Turut hadir dalam acara ini Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Henky Manurung, Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah, serta Ketua Indonesia Retail Summit Anne Patricia Sutanto.

"Salah  satu  faktor  pendorong  pertumbuhan  ekonomi  Indonesia  adalah  konsumsi  rumah  tangga yang kontribusinya mencapai 53,65 persen terhadap  Produk Domestik Bruto (PDB) dan tumbuh 4,34 persen pada kuartal I 2022,“ terang Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas mengungkapkan, acara Indonesia Retail Summit 2022 meliputi kegiatan Hari Belanja Diskon  Indonesia  (HBDI)  2022  danHari  Retail  Modern  Indonesia  (HARMONI)  2022.  Acara  ini merupakan  kesempatan  emas  bagi  anggota  Hippindo  yang  bergerak  di  sektor  ritel,  kuliner  dan hiburan untuk dapat menggali potensi pasar secara global.

"Saya berharap acara ini dapat turut meningkatkan konsumsi domestik serta menciptakan peluang lebih  besar  untuk  perkembangan  dan  kemajuan  usaha  mikro  kecil  dan  menengah  (UMKM),  para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia. Di samping itu,   dengan   acara   ini   juga   diharapkan   dapat   menarik   wisatawan   mancanegara   sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia,"jelas Mendag Zulhas.

Mendag  Zulhas    menambahkan,  acara  ini  merupakan  salah  satu  sarana  mempromosikan  produk-produk  dalam  negeri,  baik  makanan,  minuman,  kerajinan  maupun  fesyen,  baik  untuk  konsumen dalam negeri maupun pasar luar negeri. Tujuan akhirnya agar produk dalam negeri dapat bersaing di pasar global. 

“Indonesia Retail Summit 2022 juga dapat mendorong ekonomi kerakyatan dengan menggerakkan UKM sebagai suplayer di ritel luring maupun di platform lokapasar dan mendukung program Bangga Buatan Indonesia dengan belanja produk Indonesia," ujar Mendag Zulhas.

Sementara itu, Budiharjdo menyampaikan, acara Indonesia Retail Summit akan digelar pada 15—16 Agustus  2022.  Kegiatan  dilaksanakan  bertepatan  dengan  hari  jadi  Sarinah,  pusat  perbelanjaan pertama  di  Indonesia  dan  juga  Asia  Tenggara. 

“Acara ini merupakan upaya nyata membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19,”imbuhnya. ig

1384

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id