Gubernur Ikuti Ritual Petik Laut

Gubernur Jatim naik perahu ke tengah laut mengikuti larung sesaji petik laut di Kalibuntu, Kraksaan, Probolinggo.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri petik laut di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (2/8/2023). 

Khofifah juga naik perahu hias ke tengah laut di perairan Probolinggo, mengikuti ritual petik laut yang dilakukan nelayan sekitar. 

"Saya ikut naik perahu ke tengah laut mengikuti acara petik laut. Kegiatan ini bisa menjadi destinasi wisata," ujar Khofifah. 

Pasalnya, acara petik laut selalu didatangi ribuan masyarakat karena menjadi hiburan tersendiri 

Karena itu, Khofifah berjanji akan membangun penambatan perahu di Kalibuntu. 

Khofifah melepas prosesi larung sesaji ke tengah laut. 

Prosesi larung sesaji yang menggunakan sebuah perahu khusus ini dipadati oleh ribuan warga. Bahkan mereka sudah menunggu sejak pagi hari dan rela berpanas-panasan untuk menyaksikan dari dekat proses larung sesaji tersebut.

Perahu yang berisikan sesaji berupa kepala sapi dan beberapa hasil bumi ini diangkat oleh beberapa warga untuk diturunkan ke pantai yang selanjutnya di larung ke tengah laut.

Sementara di tengah laut sudah menunggu Gubernur bersama sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Di sisi lain, Khofifah mengajak masyarakat mencintai laut karena kehidupan laut bermanfaat bagi manusia. 

"Salah satunya ikan. Ikan bermanfaat untuk menekan stunting dan merupakan makanan dengan nilai gizi tinggi. Kehidupan laut juga membantu nilai pendapatan para nelayan," ujar Khofifah. 

Menurut Khofifah, nilai ikan hasil para nelayan yang ada di Desa Kalibuntu atau Kabupaten Probolinggo tersebut sangat tinggi di Provinsi Jawa Timur. Capaian tersebut merupakan anugerah yang diberikan alam kepada para nelayan yang ada di Kabupaten Probolinggo. 

"Alhamdulillah, Kabupaten Probolinggo memiliki nilai tukar ikan yang paling tinggi di Provinsi Jawa Timur. Ini merupakan capaian yang sangat membanggakan sekali," ujarnya. ig/fa

873

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id