Gerindra Jatim: Deklarasi Koalisi Gerindra-PKB Akhir Juli

Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad

PROBOLINGGO, beritakata.id - Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Jawa Timur Anwar Sadad menegaskan, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat untuk bekerjasama dalam Pilpres 2024. 

Koalisi kedua partai akan dilakukan dari tingkat pusat, tingkat provinsi hingga tingkat kabupaten dan kota. 

"Jadi, DPP Gerindra dan DPP PKB bekerja sama hingga tingkat DPD dan DPC. Ini kerja sama menatap Pilpres 2024," ujar Sadad saat ke Pasar Besuk Kabupaten Probolinggo, Selasa (5/7/2022). 

Akhir Juni lalu pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan PKB membicarakan koalisi. Selanjutnya kesepakatan koalisi tersebut juga akan dilakukan di tiap daerah. 

Terkait nama calon presiden yang akan diputuskan oleh partai Gerindra, lanjut Sadad, hal itu akan disampaikan dalam forum rapat pimpinan nasional (Rapimnas). Rapimnas dalam AD/ART Gerindra merupakan forum satu grade di bawah kongres. 

"Siapa capres dari Gerindra akan diumumkan pada rapimnas, meskipun kader Gerindra di seluruh Indonesia Raya menginginkan agar Pak Prabowo maju sebagai calon presiden," tukas Sadad. 

Sadad tidak menampik bahwa nama cawapres pendamping Prabowo sudah di kantong. Namun, dia enggan menjelaskan lebih jauh, apakah Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. 

"Lihat saja nanti setelah rapimnas," tutur Sadad yang pernah mengusulkan Khofifah sebagai cawapres digandeng Prabowo. 

Untuk memantapkan koalisi kedua partai, kata Sadad, deklarasi bakal dilakukan pada akhir Juli atau awal Agustus 2022. Tepatnya setelah rapimnas. ig

1784

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id