Gencar Jemput Bola, Mulai Datangi Bank hingga ke Sekolah

Layanan jemput bola oleh Disdukcapil Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Probolinggo saat ini tengah gencar melakukan kegiatan jemput bola untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pada Rabu (12/7/2023) lalu, Disdukcapil melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kantor Bank Jatim Cabang Kraksaan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Probolinggo Munaris mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan aplikasi IKD kepada pegawai Bank Jatim Cabang Kraksaan. Sebab nantinya penggunaan IKD dapat digunakan dalam pelayanan perbankan.

“Ini adalah sebagai tindak lanjut dari kerja sama antara Bank Jatim dengan Disdukcapil terkait dengan pelayanan perbankan yang menggunakan IKD. Dengan demikian Bank Jatim sudah menerapkan Identitas Kependudukan Digital sehingga masyarakat yang akan mengurus perbankan tidak perlu lagi menunjukkan KTP elektronik tapi cukup menunjukkan KTP Digital,” katanya.

Munaris mengharapkan hal ini akan lebih memudahkan masyarakat lagi karena dengan KTP Digital ini sangat mempermudah. 

Ia mengimbau semua masyarakat Kabupaten Probolinggo segera mengaktivasi KTP Digital di Handphone (HP) masing-masing. 

Selanjutnya, pihaknya kembali melakukan kegiatan jemput bola pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di SMKN 2 Kraksaan dan di Balai Desa Bayeman Kecamatan Tongas, Selasa (18/7/2023).

Di SMKN 2 Kraksaan, Disdukcapil memberikan pelayanan berupa perekaman KTP Elektronik dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi siswa dan siswi serta guru dan masyarakat di sekitar SMKN 2 Kraksaan.

“Untuk di Balai Desa Bayeman Kecamatan Tongas, kami memberikan pelayanan administrasi kependudukan dan sosialisasi kepada masyarakat yang ada di Desa Bayeman tentang pentingnya dokumen administrasi kependudukan,” jelas Munaris.

Tujuannya agar semua masyarakat yang ada di Kabupaten Probolinggo mempunyai administrasi kependudukan yang lengkap mulai dari Akte Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga dan KTP-El bagi yang sudah wajib KTP yaitu usia 17 tahun.

Diketahui, KTP El bisa digunakan untuk mengakses semua layanan publik. Bagi yang tidak punya KTP, mendaftar pekerjaan saja nanti sulit sehingga pada saat orang yang membutuhkan bansos dan lain sebagainya, nanti akan kesulitan. ig/fat/fa

838

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id