Gekrafs Bangun Ekonomi Kreatif di Kabupaten Probolinggo

Para pengurus Gekraf Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, beritakata.id - Ketua DPC Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kabupaten Probolinggo M. Afifuddin mengatakan, pihaknya akan segera menggelar even candi. Hal itu dilakukan sebagai upaya memulihkan ekonomi nasional. 

Sejumlah even juga bakal digelar untuk mendongkrak potensi ekonomi kreatif di Kabupaten Probolinggo

Menurut Afifuddin, Kabupaten Probolinggo tidak hanya memiliki destinasi wisata Bromo sebagai potensi ekonomi, tapi juga memiliki pantai, candi dan produk-produk UKM yang bisa dikembangkan hingga kancah nasional dan internasional. 

"Kami juga akan melakukan pendampingan-pendampingan terhadap para pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kreatif dengan sentuhan teknologi digital yang sekarang sudah mulai digunakan untuk pengembangan produk," kata Afifuddin dalam pelantikan pengurus DPC Gekrafs Kabupaten Probolinggo di ruang kantor bupati, Sabtu (25/6/2022). Pelantikan dihadiri Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Probolinggo Hasyim Ashari, Ketua DPRD Kab. Probolinggo Andi SW, Polres Probolinggo, dan sejumlah organisasi. 

Ketua DPW Gekrafs Jawa Timur Ryan Maulana mendorong agar Gekrafs setempat mengembangkan potensi produk ekonomi kreatif hingga bisa berkiprah di tingkat nasional maupun internasional. Gekrafs Kabupaten Probolinggo ini merupakan DPC ke-20 yang terbentuk di Jawa Timur, selanjutnya juga akan dibentuk di 15 pengurus DPC lainnya. 

Pengurus Hipmi Jatim Intan Cahya Kurniasari mendorong agar Gekrafs menggandeng pemerintah daerah untuk mengembangkan produk UMKM, utamanya produk ekonomi kreatif. Pihaknya juga meminta agar Gekrafs menjalin silaturahim dengan pemda agar kolaborasi menuju penguatan ekonomi bisa tercapai bersama. 

"UMKM sekarang sudah mulai bersinar, maka pemerintah daerah bisa bersinergi dengan Gekrafs, untuk menumbuhkan harapan bagi para pelaku UMKM," ujar Intan. 

Ketua Pokja Jurnalis Kraksan Kabupaten Probolinggo Ahmad Faisol mengapresiasi terbentuknya kepengurusan Gekrafs, sebab hal itu bisa menjadi wadah atau organisasi bagi para pelaku ekonomi kreatif yang sebelumnya masih berjalan sendiri. 

"Dengan keberadaan organisasi ini maka potensi pengembangan ekonomi kreatif lebih terarah, berkembang dan lebih kuat, menuju Kabupaten Probolinggo hebat," kata Faisol. ig

1394

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id