Garap Kawasan Pariwisata Nasional

Hengki CS

PROBOLINGGO I beritakata.id- Kepala Dinas PUPR (Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra menjelaskan, saat ini pihaknya tengah fokus dalam KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional).

Dalam KSPN ada PRIM (Provincial Road Improvement and Maintenance) serta penunjang lainnya.

“Harapan kami, di tahun ini sudah selesai dan bisa menginjak jalan-jalan perekonomian dan parawisata. Di sisi lain ada juga pelayanan umum masyarakat seperti saluran irigasi,” ujarnya, Jumat (22/4/2022).

Untuk memaksimalkan kinerja, tahun depan pihaknya melakukan pengadaan eskavator, sehingga, dengan adanya peralatan tersebut, kecukupan air baku irigasi itu bisa tersedia.

“Tak hanya itu, dengan alat tersebut, kita bisa gunakan untuk pemeliharaan atau penciptaan penambahan debit air baku irigasi,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk jalan tahun ini Dinas PUPR melakukan pengadaan alkoman truk. Truk tersebut memiliki empat fungsi, yakni, pemanas hotmix aspal, jack hammer penghancur aspal, sprayer dan wales.

“Nanti alat itu yang digunakan untuk pemeliharaan jalan. Saat ini, kami tetap berfokus ke pembangunan. Untuk tata ruang, sudah ada dua Perbup (Peraturan Bupati) untuk RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) di Paiton dan Kraksaan,” kata Hengki.

Rencananya, DPUPR akan memproses RDTR ke Kementrian ATR untuk tiga kecamatan, yakni Dringu, Gending dan Pajarakan.

“Kami sekarang sedang memproses untuk revisi RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional) untuk menjadi Perda. Harapannya, tahun ini bisa masuk ke loket Kementerian ATR untuk diverifikasi dan validasi. Sehingga, ada kawasan khusus industri yang bisa mengangkat perekonomian di bawah, ” paparnya. ig

1530

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id