Dukung Capaian Visi Misi Bupati Probolinggo Melalui Percepatan Pembangunan dan Pemberdayaan Desa

Edy Suryanto menegaskan Dinas PMD mendukung capaian visi dan misi Bupati Probolinggo 2018-2023.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo mendukung capaian visi dan misi Bupati Probolinggo 2018-2023 melalui percepatan pembangunan dan pemberdayaan desa. 

Itu dibuktikan Dinas PMD yang berhasil membawa 44 desa Kabupaten Probolinggo masuk dalam kategori Desa Mandiri.

Berdasarkan data dari aplikasi milik Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI, yakni aplikasi Indeks Desa Membangun (IDM), 44 desa tersebut berhasil menjawab 1.500 pertanyaan yang sudah disediakan.

Kepala Dinas PMD H. Edy Suryanto menyebut, apabila desa mampu menjawab tuntas 1.500 soal tersebut dan sudah melebihi nilai yang ditentukan, maka bisa ditetapkan sebagai desa mandiri. 

Diketahui di Kabupaten Probolinggo ada 44 desa mandiri, 192 desa maju dan 89 desa berkembang. 

“Yang berkembang itu ditarget naik tingkatan dulu ke desa maju lalu ke desa mandiri. Saat ini, 44 desa itu tinggal menunggu SK dari Kemendes untuk penetapannya,” ujar Edy, Kamis (7/9/2023).

Adapun penilaian untuk menuju desa mandiri yakni harus memenuhi komponen indeks ketahanan ekonomi, sosial dan lingkungan. 

DPMD menargetkan 100 persen desa di Kabupaten Probolinggo masuk ke kategori mandiri, namun saat ini, DPMD tengah berfokus untuk mencapai 50 persen dulu.

Edy menyebut, pihaknya sudah melakukan percepatan pembangunan desa sejak lama.

Pihaknya juga sudah melaksanakan percepatan pembangunan sejak awal sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Probolinggo.

“Sejak tahun 2019, khusus desa sudah tercapai lebih dari yang kita harapkan. Ukurannya itu Indeks Kinerja Utama Bupati Probolinggo. Pada tahun 2019 kita sudah mencapai angka 0,69 di Indeks Desa Membangun di RPJMD,” jelas Edy.

Edy menambahkan, angka itu sudah lama di capai dan kali ini sudah mencapai di angka 0,74 sehingga  membawa predikat kabupaten maju untuk Kabupaten Probolinggo dengan capaian desa mandiri. ig/fat/**

720

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id