DPRD Kota Probolinggo Setujui Refocusing Anggaran Rp 28 Miliar

Refocusing anggaran di antaranya digunakan untuk pembangunan RS Ar-Rozy

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - DPRD Kota Probolinggo menyetujui refocusing anggaran sekitar Rp 28 Miliar yang direncanakan Pemkot Probolinggo untuk kebutuhan masyarakat.

Anggaran DPRD Kota Probolinggo pun juga ikut terkena refocusing hingga Rp 3,6 miliar.

Wakil Ketua DPRD Kota Probolinggo Haris Nasution menyebut, pada prinsipnya DPRD mendukung kebijakan pemkot. Termasuk kebijakan refocusing anggaran, selama itu berguna untuk masyarakat.

“Apalagi kebijakan refocusing itu untuk menindaklanjuti rekomendasi BPK RI perwakilan Jatim,” terang Nasution.

Diketahui, BPK meminta pemkot segera menyelesaikan kekurangan bayar atau utang pada rekanan sejumlah proyek pembangunan fisik di kota. Seperti pembangunan gedung RSUD Ar-Rozy yang pembayarannya kurang Rp 25 miliar pada rekanan.

Sejumlah proyek fisik yang juga belum tuntas pembayarannya. Salah satunya, pembangunan alun-alun kota.

“Refocusing ini kan untuk membayar kekurangan pembangunan rumah sakit. Tentunya fasilitas rumah sakit itu kan untuk memberi manfaat pada masyarakat,” kata Nasution.

Ia menambahkan, refocusing anggaran yang dibutuhkan total sekitar Rp 28 miliar. Refocusing dilakukan pada semua OPD. Termasuk anggaran kegiatan di DPRD kota yang terkena refocusing sekitar Rp 3,6 miliar.

Refocusing ini dilakukan di semua perangkat daerah. Termasuk di sekretariat DPRD juga terkena refocusing.

Menurutnya, ke depan perlu menjadi perhatian serius dari OPD terkait. Agar rencana pembangunan benar-benar disiapkan sebaik mungkin. Sehingga saat pelaksanaan tidak sampai terjadi kekurangan pembayaran.

Selain itu, perencanaan pembangunan benar-benar memberikan manfaat pada masyarakat.

“Ini menjadi pembelajaran berharga untuk tahun depan. Supaya ke depan perencanaan pembangunan dilakukan lebih baik lagi,” tutur Nasution. ig/fat

777

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id