DPRD Kesal karena Wabup Absen, Pengesahan APBD Probolinggo 2023 Ditunda

Suasana rapat paripurna beberapa waktu lalu.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id  - Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari berbagai fraksi protes karena Wakil Bupati (Wabup) Timbul Prihanjoko tidak menghadiri rapat paripurna pengesahan APBD pada Kamis (24/11/2022). 

Akibatnya, pengesahan APBD 2023 pun ditunda. 

Anggota DPRD yang protes dan interupsi di antaranya berasal dari Fraksi PPP, Faksi PKB, Fraksi Nasdem dam Fraksi Golkar. 

"Ini Wabup harus hadir. Pengesahan APBD 2023 bersifat sakral dan penting. Ditunda saja sampai Wabup hadir," kata Amin Haddar dari Fraksi PPP. 

Amin menyebut sejumlah anggota DPRD kesal lantaran ketidakhadiran Wabup.

Sugianto dari Fraksi Nasdem menyebut, di Kabupaten Probolinggo kepala daerah selalu hadir dalam pengesahan APBD karena berkaitan dengan anggaran rakyat. 

"Sejak zaman Pak Hasan dan Bu Tantri beliau selalu hadir. Wabup Timbul selaku pemegang jabatan tertinggi di Kabupaten Probolinggo, harus hadir. Kalau tidak hadir, ya ditunda terus pengesahannya," ujar Sugianto, Jumat (25/11/2822). 

Sekda Soeparwiyono yang mewakili Wabup menghadiri paripurna malam itu, menyebut Wabup sedang ada acara di Yogyakarta. 

“Saya diminta untuk mewakili Wabup dalam rapat paripurna itu karena acara yang tidak bisa ditunda di Yogyakarta. Saya tidak tahu kalau ada rekan pejabat Pemkab yang ikut,” ujar Soeparwiyono. ig/fa

1018

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id