DPMD Probolinggo Kirim 30 Perangkat Latihan Pengelolaan Keuangan Desa

Edy Suryanto bersama 30 perangkat desa Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo mengirim 30 perangkat desa agar kapasitasnya meningkat, berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa. 

DPMD menggelar rapat koordinasi (rakor) rencana keberangkatan peserta pelatihan aparatur pemerintahan desa dalam pengelolaan keuangan desa di ruang Klinik Desa DPMD Kabupaten Probolinggo, Senin (5/6/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang perwakilan Kaur Keuangan Desa dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Mereka akan mengikuti pelatihan di Balai Besar Bina Pemerintahan Desa di Malang mulai 6 hingga 9 Juni 2023 mendatang.

Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perangkat desa terutama Kaur Keuangan Desa dalam hal pengelolaan keuangan desa.

“Kementerian Dalam Negeri RI setiap tahunnya ada agenda untuk melakukan pelatihan terhadap perangkat desa melalui Balai Besar Bina Pemerintahan Desa di Malang. Tahun ini Kabupaten Probolinggo mendapatkan kesempatan untuk mengirimkan peserta sebanyak 30 orang perwakilan dari 24 kecamatan,” katanya.

Menurut Edy, selama berada di Balai Besar Bina Pemerintahan Desa pihaknya akan melakukan pelatihan peningkatan aparatur pemerintahan desa dengan membedah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018, terutama Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

“Harapannya perwakilan dari 30 peserta ini dapat menularkan pengetahuan dan pengalaman yang didapat kepada desa-desa lainnya di Kabupaten Probolinggo. Sebab 30 peserta ini dipilih oleh Camatnya yang dirasa mampu membimbing dan menularkan pengetahuan yang didapat dari pelatihan ini,” pungkasnya. ig/fa

852

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id