Ditanya Pilkada 2024, Wabup Probolinggo: Saya Tahu Diri, PDIP Partai Kecil

Wabup Timbul tahu diri dan tidak berniat maju dalam Pilkada 2024.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko menegaskan, dirinya tahu diri dan tidak berniat maju dalam Pilkada 2024.

"Partai saya PDIP, partai kecil di Kabupaten Probolinggo. Saya tahu diri lah. Tidak ada niat untuk maju Pilkada 2024," kata Timbul saat temu media di Guest House Kraksaan, Jumat (2/12/2022). 

Menurut Timbul, semua orang berhak untuk mencalonkan diri sebagai bupati di era demokrasi saat ini. Yang penting bisa memenuhi syarat pencalonan. Dibutuhkan minimal 20 persen suara untuk mencalonkan bupati. 

"Kecuali PDIP memang memenuhi syarat untuk mencalonkan sesuai syarat yang ditentukan. Ini kewenangan partai. PDIP tidak bisa serta merta mencalonkan tokoh dan perlu diingat, yang menentukan adalah DPP PDIP," ujar Timbul. 

DPP PDIP belum tentu mengusung kader sendiri dalam Pilkada. Seperti yang terjadi pada Pilkada Jember beberapa waktu lalu. 

Masih kata Timbul, hingga saat ini perintah partai adalah konsentrasi sesuai dengan jabatan masing-masing. Urusan jabatan bupati, gubernur hingga capres wewenang Ketua Umum PDIP Megawati. 

"Apa yang saya alami sejauh ini adalah natural, tidak pernah di-setting apalagi direkayasa. Saya mengalir saja sejak dulu," pungkas Timbul yang pernah menjabat Ketua DPRD, Wabup, Plt Bupati hingga kembali menjadi Wabup tapi dengan tugas dan wewenang Bupati. ig/fa

1837

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id