Disorot DPRD Hadiri Acara di Yogya, Ini Tanggapan Ugas

Ugas Irwanto terpilih tiga besar seleksi sekda.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari Fraksi Nasdem Sugianto menyoroti kehadiran dua calon Sekda Heri Sulistyanto dan Ugas Irwanto, yang menghadiri acara bersama Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko, di Yogyakarta. 

Lantaran Wabup menghadiri acara itu dan tidak hadir dalam pengesahan APBD 2023 Kamis (24/11/2022), sidang diwarnai interupsi dan akhirnya ditunda. 

Menurut Sugianto, Ugas dan Heri menghadiri acara bersama Wabup dan ketua partai. Hal itu disebut kurang pantas karena saat ini momennya masih dalam seleksi sekda. Apalagi Heri dan Ugas lolos tiga besar seleksi akhir sekda. 

"Sekda harus netral. Sekda itu melayani semua, tidak hanya dimiliki oleh satu partai," kata Sugianto, Jumat (25/11/2022). 

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto memberikan klarifikasi. 

Ugas menyebut, Wabup menghadiri acara sosialisasi Pencegahan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredara Gelap Narkotika (P4GN).

“Acara tersebut sudah diagendakan dua bulan sebelumnya dan malah sidang paripurna yang maju, semula hari Senin (28/11/2022) menjadi Kamis (24/11/2022),” terang Ugas.

Ugas menegaskan, kehadiran pejabat pemkab tersebut adalah sebagai pengurus. Ketuanya Wabup, Wakil Ketua Heri Sulistyanto, dan Ketua Harian Ugas Irwanto. 

“Yang direncanakan pak Wabup Program P4GN ke depan akan melakukan pencegahan anti narkoba dengan sosialisasi ke semua partai sebab partai mempunyai pengaruh yang kuat di masyarakat dan terstruktur sampai tingkat desa, juga sebagai tindak lanjut target sosialisasi yang sudah selesai yaitu untuk para relawan Ansor, Banser, Karang Taruna, organisasi kemahasiswaan, pramuka dan lembaga pendidikan negeri dan swasta,” jelas Ugas.

Ugas menambahkan, posisi Timbul dalam kegiatan itu adalah sebagai narasumber bersama Asisten I dan Kepala Bakesbangpol. Narasumber bersifat wajib sebagai struktur P4GN dan melekat pada jabatan. Pihak penerima sosialisasi juga di berikan izin mengundang nara sumber sendiri

“Kegiatan tersebut juga tidak ada kaitannya dengan kehadiran dua orang dari tiga besar seleksi sekda. Sebab kegiatan dan peserta juga sudah terjadwal sebelum adanya selter Sekda di Probolinggo,” tandas Ugas. ig/fat/fa

1363

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id