Diskominfo Awali Pemakaian Udeng Tengger, Merespon Arahan Plt Bupati, Mencintai Warisan Leluhur Probolinggo

Pemasangan udeng Tengger massal pegawai Diskominfo Kabupaten Probolinggo. Yulius Christian memberikan tutorial.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian atau Diskominfo Kabupaten Probolinggo merespon cepat setelah Plt Bupati Timbul Prihanjoko dan Sekda Ugas Irwanto mewajibkan ASN mengenakan udeng Tengger. 

Seluruh karyawan Diskominfo mengawali pemakaian udeng Tengger ketika mengikuti kegiatan kedinasan. 

Pemakaian udeng Tengger ini dilakukan secara serentak yang dipimpin oleh Kepala Diskominfo Yulius Christian sebelum memulai rapat koordinasi (rakor) di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Selasa (6/6/2023).

Yulius juga memberikan contoh tutorial pemasangan udeng yang benar secara bentuk estetikanya kepada para anak buahnya. 

"Udeng bukanlah aksesoris semata, namun juga memiliki filosofi dan makna yang luhur," kata mantan Camat Sukapura, Kabag Kominfo, dan Kabid Anggaran ini. 

Yulius menegaskan, pemakaian udeng serentak ini merespon arahan Plt Bupati dan Sekda agar mengenakan udeng Tengger saat mengikuti rapat-rapat kedinasan di lingkungan Pemkab. 

Yulius menambahkan, bahwa saat mengenakan udeng menjadi simbol agar yang mengenakannya senantiasa "mudheng" atau mengerti dan tanggap dalam menghadapi permasalahan.

Sedangkan alasannya memilih udeng Tengger, karena udeng yang dipasang manual mulai dari kain lembaran ini merupakan ciri khas udeng Kabupaten Probolinggo dan sampai saat ini menjadi pakaian adat masyarakat Tengger yang dikenakan sehari-hari.

Masih menurut Yulius, meskipun relatif simple, namun memasang udeng sendiri dari kain lembaran agar menjadi penghias kepala yang terlihat rapi dan menarik tidaklah semudah mengenakan blangkon. 

"Saya rasa hal ini merupakan salah satu cara bagaimana kita mencintai secara nyata warisan pakaian adat para leluhur kita yang ada di Kabupaten Probolinggo," tandasnya. ig/**/fa

875

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id