Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo Bakal Dongkrak PAD Melalui Laboratorium

Hengki menegaskan Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo segera merevitalisasi laboratorium teknik.

Dinas PUPR tidak hanya mengurusi jalan dan normalisasi. Juga bisa mendatangkan PAD. Kabar baik untuk penyedia konstruksi. 

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo sedang melakukan kajian untuk merevitalisasi laboratorium teknik PUPR. 

Selain memudahkan penyedia yang mengerjakan pekerjaan konstruksi, laboratorium tersebut bisa menambah pendapatan Asli Daerah atau PAD bagi Pemkab Probolinggo. 

Kepala Dinas PUPR Hengki Cahjo Saputra mengatakan,  laboratorium yang akan direvitalisasi tersebut berada di kantor Dinas PUPR di Kota Probolinggo, tepatnya di depan rumah dinas Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo. 

"Laboratorium tersebut bisa melayani dan melakukan uji beton, uji aspal, dan uji tanah," kata Hengki, Selasa (15/8/2023). 

Saat ini, pihaknya melakukan kajian untuk melahirkan rekomendasi revitalisasi laboratorium teknik. 

Pada tahun 2024, Dinas PUPR bakal menyuntikkan anggaran untuk rencana revitalisasi tersebut. 

Ketika laboratorium sudah aktif melayani permintaan penyedia atau rekanan, para rekanan tidak perlu jauh-jauh melakukan uji aspal, beton dan tanah ke luar daerah. Cukup di Kabupaten Probolinggo. 

"Saat penyedia melakukan uji di laboratorium yang sudah terakreditasi tersebut, mereka akan dikenakan retribusi dan hasilnya menjadi PAD Pemkab Probolinggo," ujar kepala dinas ganteng ini. 

Dalam kajian tersebut, Dinas PUPR tinggal mempersiapkan sumber daya manusia, peralatan dan standar operasional prosedur atau SOP untuk menjalankan laboratorium. 

"Tidak hanya mengurusi jalan dan normalisasi, Dinas PUPR juga mampu mendongkrak PAD, salah satunya melalui laboratorium tersebut," pungkas Hengki. ig/fa/**

792

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id