Dewi Korina: Uang Kasda di RKUD Dikelola Transparan

Dewi Korina dan Ridhoi meneken MoU RKUD.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Kepala BPPKAD Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengatakan, uang kas daerah ada di bank bernama Rekening Kas Umum Daerah atau RKUD.

“Kita harus bersiap menyongsong era elektronifikasi transaksi pemerintah daerah. Harapan ke depan agar pelayanan kepada masyarakat lebih baik. Masyarakat juga lebih sejahtera karena uang daerah dikelola dengan transparan,” kata Dewi usai meneken MoU dengan pihak Bank Jatim Kraksaan.

Dewi meminta seluruh OPD bersiap dengan kebijakan baru yang diambil. Termasuk penerapan Kartu Kredit Pemerintah Daerah atau KKPD.

“Kepada semua perangkat daerah agar menyesuaikan diri dengan kebijakan baru ini. Karena memang tujuannya untuk mengurangi transaksi yang sifatnya tunai. SPJ-nya nanti juga harus tertib dan seluruh transaksi Pemerintah Daerah ini memang riil,” terang Dewi.

Diketahui, Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo dan Bank Jatim Cabang Kraksaan melakukan penandatanganan (teken) perjanjian kerja sama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) sebagai Bank Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) di Kraksaan, Senin (20/3/2023).

MoU diteken Pimpinan Bank Jatim Cabang Kraksaan Ridholi Ichwan dan Kepala BPPKAD Kabupaten Probolinggo Dewi Korina disaksikan Senior Officer Kredit Konsumer Bank Jatim Adjin Supriyantono.

Dalam kesempatan tersebut, Bank Jatim pusat juga memberikan sosialisasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) kepada BPPKAD Kabupaten Probolinggo.

Ridholi Ichwan menyampaikan sebetulnya MoU Bank Jatim Cabang Kraksaan sebagai Bank RKUD ini hanyalah perpanjangan saja. Karena memang aturannya untuk mengelola RKUD itu harus ada MoU atau perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

“Alhamdulillah untuk hari ini kita dipercaya dan ditunjuk lagi sebagai bank persepsi atau bank RKUD. Harapan kami dengan adanya MoU ini ke depan bisa lebih berkolaborasi lagi dengan lebih baik sehingga sinergi dan inovasi ini bisa saling support,” ujarnya. ig/fa

1151

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id