Desakan Ekonomi, Ibu Rumah Tangga asal Probolinggo Ditangkap Terlibat Peredaran Pil Trihexyphenidly

A (sensor) saat berada di konferensi pers yang digelar Satreskoba Polres Probolinggo

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Keputusan yang keliru dalam menghadapi desakan ekonomi mengantarkan seorang ibu rumah tangga (IRT) berusia 38 tahun asal Kabupaten Probolinggo pada tindakan ilegal yang merugikan dirinya sendiri.

IRT berinisial A itu ditangkap oleh aparat kepolisian Polres Probolinggo karena terlibat dalam peredaran ribuan butir pil Trihexyphenidly kepada pemuda-pemuda di Kabupaten Probolinggo.

A nekat mengambil risiko dengan mengedarkan pil Trihexyphenidly ini di kalangan pelajar setempat.

Kasus ini mencuat ketika tim Satreskoba Polres Probolinggo berhasil menangkap A di rumahnya yang berada di Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo pada Senin (14/8/2023) lalu.

Dari tangan A, polisi berhasil menyita barang bukti berupa 2.210 butir pil Trihexyphenidly yang terbagi dalam beberapa paket plastik siap edar.

Kasat Reskoba Polres Probolinggo, AKP Ahmad Jayadi, menjelaskan bahwa penangkapan A ini merupakan hasil dari pengembangan kasus terhadap tersangka lain yang lebih dulu ditangkap.

Dari keterangan tersangka lain tersebut, polisi mengidentifikasi A sebagai salah satu pelaku yang terlibat dalam peredaran pil Trihexyphenidly ini.

"Berkat adanya keterangan dari masyarakat, tersangka yang terdeteksi tengah berada di rumahnya. Langsung kami amankan tanpa perlawanan, dan lengkap dengan barang buktinya," jelas AKP Ahmad Jayadi dalam konferensi pers di Mapolres Probolinggo, Selasa (29/8/2023).

Dalam pengakuannya, A menyampaikan bahwa tindakannya mengedarkan ribuan pil Trihexyphenidly dipicu oleh desakan ekonomi keluarganya.

"Untuk memenuhi kebutuhan keluarga," pungkas A.

A akan dijerat dengan pasal 435 jo pasal 138 ayat (2) dan ayat (3) sub pasal 436 ayat (1) dan ayat (2) UU RI nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan dengan ancaman penjara maksimal 12 tahun dan denda paling banyak Rp 5 miliar. ig/fat

744

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id