Delegasi Kota Helsingborg Swedia ke Kota Probolinggo, Ngapain Aja?

Delegasi Helsingborg gowes di Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id  - Perwakilan Kota Helsingborg, Swedia, berkunjung ke Kota Probolinggo pada Juli dan Agustus 2022. Berikut agenda mereka selama di Kota Probolinggo, kota dengan arti Tugu Bersinar. 

Kunjungan ini merupakan akhir dari rangkaian kerjasama antara Kota Probolinggo dengan Kota Helsingborg terkait local democracy yang difasilitasi oleh International Center for Local Democracy, dengan implementasi pengembangan lajur sepeda di Kota Probolinggo.

Dalam kunjungan ini perwakilan Kota Helsingborg yang hadir adalah Peter Book (tenaga ahli lingkungan) dan Oscar Gronvall (ahli transportasi) sedangkan Lars Thunberg (wakil walikota) dan Berner Lundgren (NSR) tidak dapat hadir dikarenakan mengalami sakit beberapa hari menjelang keberangkatannya.

Kegiatannya dimulai pada 
Minggu (31/7), bersepeda mengunjungi acara kirab Belah Jimat Kelurahan Mangunharjo dengan Gelar Diseminasi Pelayanan Terpadu Masyarakat (Gadis Penter Mas) di Alun-alun dan Sarasehan Pengembangan Destinasi Wisata di Pantai Permata.

Pada Senin (1/8), pertemuan antara steering committee dan working group Kota Helsingborg dan Kota Probolinggo, dipimpin Sekda dan Ketua DPRD Abdul Mujib di gedung Puri Manggala Bhakti. 

Dalam pertemuan ini disampaikan progres kerjasama dalam pengembangan lajur sepeda, penataan kelembagaan Pemerintah Kota Probolinggo untuk meningkatkan kinerja, efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan dan pembangunan.  

Dalam pertemuan juga dibahas terkait potensi kerjasama dalam berbagai aspek seperti ekonomi biru, sirkular ekonomi, pembangunan berkelanjutan, energi terbarukan, industry 4.0, transportasi cerdas, peningkatan pelayanan kesehatan dan pengelolaan teknologi informasi. 

Agenda selanjutnya dilaksanakan di Bappeda Litbang membahas terkait hasil survei persepsi masyarakat terhadap pengembangan jalur sepeda dan juga pengembangan paket wisata dengan bersepeda.

Pada Selasa (2/8), bersepeda bersama dengan beberapa perangkat daerah seperti Bappeda litbang, Dinas Perhubungan, DPUPR, DLH dan juga komunitas sepeda, untuk melihat lajur sepeda di Kota Probolinggo. 

Kegiatan selanjutnya dilakukan diskusi di Bappeda Litbang terkait penanganan kecelakaan lalu lintas, hadir dalam diskusi ini Kasat Lantas Polres Kota Probolinggo, Jasa Raharja dan juga Organda. Bahwa disiplin dalam berkendara adalah kunci dari keselamatan ber lalu lintas. Hal ini perlu dipupuk mulai anak-anak.

Rabu (3/8), kedua belah pihak mengunjungi kegiatan Posyandu Mawar di Kelurahan Kedungasem yang menerapkan Iuran Posyandu Bayar Sampah (Randu Basah) sebuah inovasi kolaborasi dalam pengurangan sampah dengan pelayanan kesehatan masyarakat. Siang hari dilanjutkan dengan presentasi dari Kota Helsingborg secara virtual yang disampaikan oleh Jens Gille DLH Helsingborg) terkait  pengelolaan lingkungan di Kota Helsingborg dan Lars Thunberg terkait inovasi H22 City Expo, yang menampilkan inovasi-inovasi dan upaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Kota Helsingborg.

Malam hari acara dilanjutkan dengan makan malam bersama perwakilan Helsingborg yang juga dihadiri oleh Walikota Probolinggo, Sekda, beberapa Kepala Perangkat Daerah dan anggota working group. 

"Komunikasi dan persahabatan yang telah terjalin diharapkan tetap dapat terjaga dan saling memberikan sharing pengalaman dan informasi yang dapat mendukung pelaksanaan pembangunan kota yang lebih baik," kata Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin.

Kamis (4/5), delegasi Helsingborg mengunjungi Surabaya Intelligent Transport System (SITS) di Terminal Bratang untuk melihat pengelolaan transportasi di Kota Surabaya,  dengan didampingi oleh Kepala Bappeda Litbang dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Probolinggo. ig/fa

1368

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id