Cegah Disintegrasi Bangsa, Bakesbangpol Aktifkan Kembali FPK Probolinggo

Ugas Irwanto dan Supoyo bersama para tokoh masyarakat yang menjabat pengurus FPK Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) mengaktifkan kembali kepengurusan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Probolinggo. 

Kepala Bakesbangpol Ugas Irwanto memimpin rapat penyusunan pengurus FPK Kabupaten Probolinggo 2022-2027 di aula Bakesbangpol, Selasa (6/12/2022).  

Ugas mengatakan, dirinya ingin FPK  kembali aktif setelah sempat vakum lama karena pandemi Covid-19. 

"Saya ingin ada SK terbaru dan kepengurusan disusun kembali. FPK diharapkan segera menggelar kegiatan dan bermitra dengan lembaga lain," kata Ugas. 

Ugas menegaskan, FPK bertugas mempersatukan bangsa yang terdiri dari banyak suku dan ras, di tengah masyarakat. 

"Untuk mencegah disintegrasi bangsa. Memperkuat persatuan dan kesatuan. Ancaman disintegrasi bangsa sudah mulai muncul di daerah lain," tukas Ugas. 

Disintegrasi bangsa adalah perpecahan hidup di dalam masyarakat yang disebabkan oleh adanya pengaruh dari negara lain. Disintegrasi ini dapat disebabkan pula oleh pengaruh dari suatu negara sendiri.

Dalam rapat yang dihadiri sejumlah pengurus lama yang mewakili lintas suku tersebut, Supoyo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua FPK menggantikan mendiang KH Idrus yang meninggal dunia.

Supoyo mengatakan, dirinya mewakili FPK Kabupaten Probolinggo menghadiri rapat kerja daerah (Rakerda) FPK bersama FPK daerah lain, beberapa waktu lalu. 

"Dalam Rakerda itu, disebut FPK adalah ormas bentukan Pemda melalui Bakesbangpol dan harus diikuti oleh penganggaran sesuai dengan kemampuan APBD masing-masing," kata Supoyo. 

Pihaknya segera menyusun program kegiatan dan pengurus FPK masuk ke semua lini yang fokusnya untuk persatuan dan pembangunan kebangsaan. ig/fat

1295

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id