Bukan Perkara Mudah Pemkab Probolinggo Punya Budaya WTP

Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto, Karyadi dan Plt Bupati Timbul Prihanjoko.

Nilai tindak lanjut rekomendasi tertinggi di Jatim mencapai 98,42 persen. Dewan mengingatkan agar temuan BPK wajib ditindaklanjuti dan diperbaiki.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id – Pemkab Probolinggo mampu menjaga budaya opini WTP. Kemampuan ini disebut bukan perkara mudah.  

Ya, Pemkab Probolinggo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022, 10 kali berturut-turut.

Opini tersebut diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur Karyadi kepada Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dan Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo di Sidoarjo, Kamis (25/5/2023). Turut mendampingi Sekda Ugas Irwanto,

Joko, panggilan akrab Prihanjoko, mengatakan, opini WTP ke-10 yang diraih secara berturut-turut sejak 2013 itu merupakan sebuah prestasi membanggakan sekaligus tantangan besar.

“Dan Pemkab Probolinggo juga diapresiasi oleh BPK karena tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan 98,42 persen, tertinggi di Jawa Timur  sampai dengan semester II tahun 2022,” kata Joko.

Joko mempersembahkan prestasi ini untuk masyarakat. Sedangkan OPD diharapkan terus mempertahankannya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo turut bangga atas pencapaian itu.

Menurut Andi, budaya opini WTP yang dimiliki Pemkab Probolinggo dicapai dengan tidak mudah. Semuanya melalui proses dan tidak ujug-ujug.

Andi meminta Pemkab Probolinggo selalu menyajikan laporan keuangan secara profesional, akuntabel dan transparan sebagai alat pertanggungjawaban sehingga sesuai harapan dan peraturan.

“Untuk temuan-temuan BPK wajib kita tindaklanjuti dan kita perbaiki bersama agar apa yang kita capai selama ini bisa terus kita pertahankan,” tukas Andi. ig/fa

824

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id