Banjir Setinggi Dada Orang Dewasa, Ini Penjelasan Sekda Probolinggo

Sekda Probolinggo Ugas memimpin langsung penanganan banjir Tongas.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Sejumlah titik yang masuk wilayah Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, terendam banjir akibat hujan yang turun sekitar tujuh jam lamanya, Jumat (10/2/2023) malam. 

Hujan turun terhitung sejak jam 14.30 WIB hingga 21.50 WIB. Debit air sungai yang naik dan juga saluran pembuangan air yang tersumbat menjadi faktor terjadinya banjir.

Bahkan ada foto yang beredar banjir setinggi dada orang dewasa.

Sabtu (11/2)2023), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mendatangi lokasi banjir untuk melakukan peninjuan bersama Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkim), R Oemar Sjarif  dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Hengky Cahyo Saputro.

Ugas mengaku diminta langsung oleh Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko untuk meninjau langsung ke lapangan. 

Lokasi yang didatangi oleh Sekda itu juga merupakan langganan banjir sehingga warga tidak terlalu mengeluhkannya. 

“Setelah kami koordinasikan ke camat Tongas, tidak ada kerusakan yang signifikan. Ada rumah yang memang dekat dan posisinya rendah dengan sungai sehingga membuat dapurnya terendam karena dapurnya rendah,” terang Ugas.

Karenanya, lanjut Ugas, ketinggian air banjir pun setinggi dada orang dewasa. 

Saat melakukan pengecekan, Ugas mendapati adanya titik yang memang perlu diperbaiki. Contohnya di area sekitaran RSUD Tongas dan juga tanggul di Tambakrejo. 

Ada sumbatan-sumbatan di sejumlah saluran dan segera akan dibersihkan.

Sumbatan berupa bangunan yang kemudian dirobohkan dengan alat berat. Bangunan itu berada di atas sungai sehingga air meluap. 

Ugas akan memperkuat koordinasi antara camat dan dinas terkait utuk segera mengatasi permasalah tersebut. ig/fat

1368

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id