Banjir Rob Terjang Kalibuntu, Warga Dievakuasi Polisi

Polisi membantu evakuasi warga dengan perahu karet

PROBOLINGGO, beritakata.id - Sejumlah rumah warga  yang terletak di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo terendam banjir rob. Diperkirakan, ketinggiannya mencapai 30 centimeter.

Diketahui, banjir yang datang akibat luapan air laut tersebut menerjang sejak hari Senin (13/6/2022) lalu. Desa Kalibuntu sendiri terletak di pesisir dan merupakan langganan banjir rob saat waktunya tiba.

Banjir rob sering terjadi di wilayah pesisir Probolinggo. Hal ini dikarenakan kondisi air laut yang mengalami kenaikan pada saat pertengahan bulan (purnama) dan debit air sungai yang cukup besar mengalir ke laut sehingga air meluap.

Akibatnya, warga yang tinggal di sana tidak bisa melakukan aktivitas secara normal karena terhambat banjir.

Kepolisian Resor (polres) Probolinggo melalui Sat Samapta dan Sat Polair membantu mengevakuasi warga yang rumahnya terdampak.

Para warga dievakuasi menggunakan perahu karet oleh petugas untuk pindak ke tempat  yang leih aman. Petugas mendahulukan para warga yang rentan seperti anak-anak dan lansia.

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi menghimbau agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada saat banjir rob kembali melanda wilayahnya.

"Pertama selamatkan diri sendiri dan anggota keluarga terlebih dahulu apabila terjadi banjir rob dengan intensitas ketinggian air yang cukup tinggi. Selanjutnya mengamankan barang berharga terutama menjauhkan barang yang memiliki aliran listrik dari air," pungkas Kapolres. ig

1390

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id