Anwar Sadad Ingatkan Kesehatan Merupakan Kebutuhan Dasar

Anwar Sadad ngobrol bersama warga Gili Ketapang.

PROBOLINGGO, beritakata.id - Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad mengingatkan Pemerintah Desa Gili Ketapang, bahwa kesehatan masyarakat merupakan kebutuhan dasar (basic needs). 

Menurut Sadad, Gili Ketapang mesti didukung mengembangkan wisata snorkeling dengan keunggulan batu karang dan keindahan bawah laut. Namun, kesehatan masyarakat desa juga harus dipenuhi aksesnya. 

Akses dan sarana transportasi kesehatan menjadi kebutuhan mendesak warga Gili Ketapang, lantaran tidak memiliki perahu dan mobil emergency untuk pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit terdekat di wilayah Kota maupun Kabupaten Probolinggo. 

"Di sana hanya ada puskemas pembantu, tapi terbatas SDM dan peralatannya. Maka perahu dan mobil siaga yang stand by di Pelabuhan Tanjung Tembaga untuk mengantar pasien ke rumah sakit, harus disediakan," tukas Sadad, Senin (18/4/2022). 

Sadad menambahkan, warga di pulau kecil mayoritas membutuhkan akses ke daratan lain untuk memperoleh layanan pemerintah. Penyediaan akses menjadi tantangan tersendiri bagi stakeholder. 

Pulau Gili Ketapang, Kabupaten Probolinggo, menjadi jujugan wisatawan luar kota. Pulau tersebut memiliki keindahan lautan biru kehijauan dan pasir putih yang terhampar luas. 

Sempat terseok karena Pandemi Covid-19, pengelola wisata Pulau Gili tengah melakukan pemulihan. ig

1864

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id