975 Mahasiswa Sunan Ampel Tak Sekadar KKN

Pemkab Probolinggo menerima mahasiswa Sunan Ampel KKN.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id  - Hampir seribu mahasiswa Sunan Ampel Surabaya KKN di Kabupaten Probolinggo. Tak sekadar KKN, mereka membawa misi membantu Pemkab Probolinggo. 

Sekretaris Daerah Ugas Irwanto menerima mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Selasa (18/7/2023) di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa. 

Turut menerima dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Santiyono dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Fathur Rozi.

Sebanyak 975 orang mahasiswa/mahasiswi Universitas Negeri Islam Sunan Ampel yang akan melakukan KKN tersebar di berbagai lokasi atau wilayah di Kabupaten Probolinggo dimulai pada tanggal 18 Juli hingga 26 Agustus 2023. Adapun kegiatan ini mengusung tema penanganan stunting dan mitigasi.

Ugas Irwanto menjelaskan situasi dan kondisi antar desa berbeda, baik dari sumber daya manusia, aparatur desa dan masyarakat serta potensi sumber daya alam yang ada. 

“Dua hal ini untuk diperhatikan ketika mahasiswa melaksanakan program kegiatan yang telah direncanakan,” katanya.

Terkait dengan isu strategis pembangunan di Kabupaten Probolinggo, adalah menyelesaikan masalah tingginya angka stunting dan angka kemiskinan. Dengan hal tersebut, diharapkan menjadi perhatian khusus melalui pola penyadaran pengasuhan keluarga dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. 

Ini adalah kesempatan yang baik untuk dimanfaatkan para mahasiswa dalam menuangkan ide dan gagasannya untuk lebih berguna bagi masyarakat di desa.

“Koordinasi dengan pihak kecamatan dan perangkat daerah. Saya berpesan kepada para mahasiswa, kembangkan ilmu saudara agar semakin kreatif dan inovatif, sehingga dapat memberikan kontribusi positif untuk kemajuan pembangunan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Ketua Satuan Pemeriksa Internal Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Imam Buchori menambahkan bahwa tugas para mahasiswa KKN  membantu mengatasi stunting dan kemiskinan. ig/fa

854

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id