600 Warga Sumberan Disuntik Vaksin Covid-19, Antispasi Varian Baru

Vaksinasi Covid-19 kerja sama BIN dan Dinkes di Sumberan.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Mengantisipasi munculnya Covid-19 varian baru, Badan Intelijen Negara (BIN) Jawa Timur menggenjot vaksinasi di Desa Sumberan, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, Selasa (24/8/2022). 

Proses vaksinasi di desa tersebut mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat. Para tenaga kesehatan yang dikerahkan juga bersemangat. 

Vaksinasi hasil kerja sama BIN dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo tersebut melayani vaksinasi dosis satu, dua dan booster. 

Sedikitnya, vaksinasi diikuti 600 orang terdiri dari masyarakat umum, lansia, dan pelajar.

Akhmad, peserta vaksinasi, mengikuti skrining hingga penyuntikan vaksin. 

"Alhamdulillah, sudah dosis dua. Selanjutnya mau vaksin dosis  booster," kata Akhmad. 

Kepala Dinkes Shodiq Tjahjono menyebut, pihaknya mendukung penuh upaya BIN menggenjot vaksinasi dengan menggandeng Dinkes. 

"Memang tujuan vaksinasi ini untuk mewujudkan herd immunity," ujar Shodiq. 

Diketahui, Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali menggelar vaksinasi Covid-19 pada akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin usai rapat terbatas evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Selasa (23/8/2022).

"Tadi kita diskusi dan arahan Bapak Presiden, nanti rencananya di akhir tahun kita akan melakukan vaksinasi (kembali). Terutama diarahkan bagi golongan yang memang imunitasnya rendah," ujar Budi, seperti dilansir Kompas.com. 

Dia menjelaskan, sebelum pelaksanaan vaksinasi tersebut Kemenkes akan melakukan sero survei terlebih dahulu.

Perintah Presiden tersebut untuk mengantisipasi munculnya Covid-19 varian baru. ig/fa

1276

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id