4 Nama Sempat Mencuat, Pj Sekda Akhirnya Jatuh kepada Heri

Pj Bupati Probolinggo Ugas melantik Heri sebagai Pj Sekda.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto akhirnya memilih Heri Sulistyanto sebagai Penjabat (Pj) Sekda. 

Ugas melantik Heri di pendopo Selasa (4/10/2023) disaksikan sejumlah kepala OPD dan camat. 

Sebelumnya, sejumlah nama mencuat sebagai calon Pj Sekda menggantikan sementara Ugas Irwanto yang dilantik oleh Gubernur sebagai Pj Bupati Probolinggo. 

Ugas merupakan Sekretaris Daerah atau Sekda yang diberi amanah sebagai Pj Bupati sejak 24 September 2023.

Sejumlah nama tersebut sempat diisukan akan menempati posisi Pj Sekda. Tiga orang di antaranya pernah mengikuti seleksi terbuka jabatan Sekda pada 2022 lalu, dan satu orang lainnya tidak ikut seleksi terbuka jabatan Sekda.  

Namun, Ugas memiliki pertimbangan sendiri sehingga menjatuhkan pilihannya kepada Heri yang juga menjabat sebagai kepala BKPSDM Kabupaten Probolinggo. 

"Tugas Pj Sekda adalah membantu Pj Bupati. Pj Sekda yang akan mengkoordinir seluruh OPD. Jadi kita satu tim membangun Kabupaten Probolinggo," terang Ugas. 

Sementara Heri siap melaksanakan tugas yang diberikan oleh Pj Bupati. 

"Apa yang digariskan oleh Pj Bupati kami laksanakan dengan sepenuh hati," kata Heri yang sempat masuk tiga besar calon Sekda bersama Ugas dan Edi Suryanto. 

Diketahui, pelantikan Pj Sekda sesuai dengan Pasal 13 Ayat 4 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota. Di dalamnya dijelaskan bahwa jika Pj Bupati berasal dari Sekda, maka jabatan Sekda juga diisi oleh seorang Pj. ig/fa

718

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id